Padang, gentaandalas.com- Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan yang merupakan pelaksana dari Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemenristekdikti RI) melaksanakan sosialisasi terkait pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2021 melalui ruang virtual zoom serta live streaming di Channel YouTubeDirektorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kamis ( 11/2/2021).

Sosialisasi ini dilaksanakan kepada seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang berada pada wilayah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) I hingga XVI selama empat hari. Satu hari sosialisasi akan dibagi ke dalam dua sesi pelaksanaan, sesuai dengan jadwal yang telah disusun. Sosialisasi ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi mahasiswa untuk menjadi pribadi yang lebih tahu, taat, kreatif dan inovatif dengan mengikuti PKM-lima bidang dan juga setiap pihak dapat mengetahui perubahan-perubahan dari pelaksanaan PKM tahun ini.

“PKM disosialisasikan lebih awal agar mahasiswa lebih taat dan tahu pada regulasi yang ada, kreatif, inovatif, objektif, serta kooperatif,” ujar  Aris Junaidi selaku Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan.

Aris melanjutkan, bahwa di tahun ini terdapat beberapa perubahan. Dimana, sebelumnya PKM ini berupa konsep, maka saat ini adalah berupa kegiatan nyata. Selain itu, pelaksanaan kegiatan ini tahun sebelumnya berlangsung secara daring, maka tahun ini dilaksanakan secara blended atau campuran antara daring dan luring. Kemudian, juga terdapat perubahan dari segi jumlah keanggotaan. Tiap skema perbidang diisi oleh tiga hingga lima mahasiswa, serta durasi pelaksanaan yang dulu hanya dua bulan sekarang berubah menjadi tiga sampai empat bulan.

Mahasiswa Jurusan Sosiologi Universitas Andalas, Suhasnan Habib salah seorang menjelaskan bahwa menurutnya kegiatan PKM ini baru baginya dan dengan kegiatan sosialisasi ini membuatnya sadar untuk mengembangkan kreativitas yang ia miliki dibidang kepenulisan. Dan juga menururutnya kegiatan ini bisa dijadikan wadah untuk mahasiswa di seluruh Indonesia untuk mengembangkan kreativitasnya disegala bidang yang ditekuni.

“Dengan  adanya sosialisasi ini ia mengharapkan mahasiawa Unand  terutama yg  merasa dirinya punya kreativitas tapi tidak punya wadah untuk mengembangkan, dapat  mengikuti kegiatan ini . Apalagi mahasiswa yang suka berwirausaha,” Kata Habib.

Reporter: Amelya Asti Pratiwi dan Elvi Rahmawani
Editor: Efi Fadhillah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here