Oleh: Nando Ferdiansyah*)

Terhitung sejak Maret 2020 lalu, Indonesia telah dilanda pandemi Covid-19 selama hampir 12 bulan. Pandemi dengan segala aturan pemerintah mengharuskan kegiatan bekerja, belajar dan lainnya dilakukan hanya di rumah. Banyaknya kegiatan yang sebagian besar harus dilaksanakan di rumah saja, menyebabkan tingkat tress meningkat disemua kalangan masyarakat dari anak-anak hingga orang dewasa. Menurut beberapa penelitian, pengurangan tingkat stress pada seseorang dapat dilakukan dengan olahraga. Selain mengurangi tingkat stress, olahraga juga dapat menyehatkan jantung dan meningkatkan sistem imun.

Bagi masyarakat Bukittinggi yang ingin melepas stress dengan olahraga sehat, lapangan Wirabraja adalah tempat yang cocok untuk dikunjungi. Lapangan ini berjarak lebih kurang 2 kilometer dari Jam Gadang, selain dekat dengan Jam Gadang Lapangan Wirbraja juga dekat dengan Pasar Aur dan Ramayana sehingga banyak hal yang dapat di saat akan atau setelah pulang dari kegiatan olahraga.

Lapangan Wirabraja atau Lapangan Kantin memilki panggung besar ditengah sudut lapangan yang dulunya sering digunakan sebagai tempat Wakil Presiden Indonesia pertama, Mohammad Hatta sebagai tempat mengadakan Apel atau acara besar, semua hal indentik dengan rakyat dan sejarah pada masa lampau dilakukan di lapangan sini. Selain untuk olahraga, ternyata diakhir tahun lapangan ini sering digunakan untuk mengadakan acara lainnya seperti acara rakyat, konser budaya, titik mulai agenda pawai, lari 10 kilometer, hingga acara konser band terkenal.

Sesampainya di sana, saya dapat melihat sebuah lapangan yang luas yang disekililing lapangan terdapat pohon besar yang menambahkan kesejukan dan keindahan dari lapangan kantin ini, terlebih disekeliling lapangan kantin juga terdapat monument bersejarah seperti Monumen Pendidikan Opsir Divisi IX banteng Sumatera Tengah, replika pedang yang tertancap pada sebuah batu dan sebuah kata pada replica yang bertuliskan patah tumbuh hilang berganti yang menambah wawasan sejarah.

Disekeliling lapangan kantin terdapat lahan untuk parkir bahkan didekat panggung lapangan kantin pun ada lahan parkir untuk kendaraan roda 2 dan 4 dan tentunya ada penjaga yang siap siaga, jadi untuk masalah parkir kendaraan tidak perlu khawatir karna keamanan yang sudah cukup memadai tapi tetap selalu waspada dan antisipasi untuk meminalisir risiko.

Ketika sampai di Lapangan Kantin, biasanya saya melakukan pemanasan di tepi lapangan kemudian bergegas menuju lapangan untuk olahraga santai seperti jogging atau lari selagi menikmati pohon rimbun yang menambah kesejukan. Pada pukul 07.00 pagi, secara bertahap lapangan mulai dipenuhi oleh keramaian pengunjung hingga penjual mulai memadati lapangan kantin. Ketika, matahari semakin naik semua kalangan dari balita hingga lansia pun semakin memadati lapangan kantin dan saya putuskan untuk beristirahat sejenak.

Pada saat istirahat saya berbincang santai dengan salah satu seorang pengunjung Mengakui bahwa ia sangat menikmati rutinitas di Minggu pagi ini selepas melakukan jogging, pull up, sit up ditambah keramaian semakin membuat suasana lapangan menjadi semakin menyenangkan. cuman banyak nya pengunjung yang tidak menerapkan protokol kesehatan menjadi suatu garis besar dan ia pribadi merasa sedikit cemas dengan keadaan yang ramai tersebut. “Menikmati rutinitas Minggu pagi sangat menyenangkan, karna sudah lama saya tidak melakukannya selama pandemi ini, namun saya cukup cemas dengan keadaan sekitar karna banyaknya pengunjung yang tidak menggunakan menerapkan protokol kesehatan,” ujar Habib.

Hari yang semakin panas dan keadaan semakin ramai, membuat saya untuk memutuskan pulang. Diperjalanan pulang, saya melihat ada atlet dan tentara yang sedang ber;atih disekitar lapangan. Kemudian, saya meneruskan perjalanan pulang, tidak lupa membeli kuliner pagi yaitu bubur ayam untuk dimakan dirumah harga Rp. 10.000 porsi.

Lapangan Wirabraja atau Lapangan Kantin memiliki berbagai kenyamanan dan fasilitas serta tempat yang wajib dikunjungi apalagi jika hendak berolahraga, di Kota Bukittinggi Lapangan Kantin adalah salah satu tempat yang tepat. Selain berolahraga, melepas bosan dan jenuh selama dirumah tentu sangat diperlukan apalagi selama dirumah selalu diwajibkan belajar melalui layar zoom yang tentu sangat menyiksa mata dan tubuh, maka rutinitas berolahraga di pagi hari adalah salah satu solusinya, meskipun demikian, dimasa pandemi ini jika hendak keluar rumah pastikan selalu menerapkan protokol kesehatan untuk mengantisipasi tentunya.

*)Penulis merupakan mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Andalas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here