Sesi tanya jawab calon MWA perwakilan mahasiswa di Auditorium Universitas Andalas, Senin (25/10/2021). (Genta Andalas/Riski Wahyudi)

Padang,gentaandalas.com- Diselenggarakan secara luring, Universitas Andalas (Unand) gelar musyawarah mahasiswa pemilihan calon anggota Majelis Wali Amanat (MWA) Mahasiswa pada Senin (25/10/2021). Hasil musyawarah menyatakan Calon Nomor Urut 3 Rahmat Hidayat, mahasiswa Fakultas Peternakan (Faterna) terpilih sebagai MWA mahasiswa.

Panitia Pemilihan MWA mahasiswa, Ahmad Junaidi mengatakan terdapat enam mahasiswa yang mendaftar sebagai kandidat MWA. Namun, lanjutnya, hanya tiga pendaftar yang memenuhi persyaratan.

“Setelah dilakukan penyeleksian dan verifikasi berkas oleh panitia, hanya tiga yang memenuhi persyaratan. Tiga inilah yang kami loloskan,” sebut Ahmad saat diwawancarai Genta Andalas, Senin (25/10/2021).

Ahmad menjelaskan, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi para calon MWA mahasiswa. Mahasiswa program sarjana dan diploma (S1 dan D3) harus berada pada semester 4-8 dengan IPK minimal 3,25. Adapun mahasiswa program magister (S2) haruslah berada pada semester 2-4 dengan IPK minimal 3,5.

“Calon ini juga harus pernah menjadi ketua, baik unit kegiatan mahasiswa di Fakultas yang dibuktikan dengan SK Wakil Dekan 3 ataupun di tingkat Universitas harus dibuktikan dengan SK Rektor dan Wakil Rektor III,” jelasnya.

Dosen Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik ini menjelaskan, jabatan MWA mahasiswa hanya berlaku satu tahun.

“MWA itu hanya bertugas sebagai non-akademik. MWA mahasiswa tersebut nantinya akan menampung aspirasi mahasiswa sebagai perwakilan mahasiswa di MWA,” terang Ahmad.

Sejauh ini, MWA Unand dari perwakilan masyarakat juga sudah terpilih. Ahmad melanjutkan, pemilihan akan dilanjutkan dengan memilih MWA Unand perwakilan dosen dan profesor yang akan dilaksanakan pada Selasa (26/10/2021) di Convention Hall Unand.

Musyawarah ini turut dihadiri oleh ketua organisasi intra Universitas, Fakultas, Pascasarjana, serta Profesi. Ketua Umum Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran, Afif Furqan mengatakan musyawarah ini merupakan ajang mencari calon yang penuh pertimbangan.

“Misalnya dari nomor urut 2 yang berasal dari FH memang kapasitasnya lebih ke legislatif, nomor urut 1 karena sulit membagi waktu dan kami menerimanya. Sedangkan nomor urut 3 memang memiliki kapasitas di eksekutif, maka kami condong ke nomor 2 atau 3 ini sebenarnya,” jelas Afif saat diwawancarai Genta Andalas, Senin (25/10/2021).

Afif berharap MWA terpilih benar-benar akan mewakili seluruh mahasiswa Unand.

“Semoga calon terpilih, Rahmat Hidayat dapat memenuhi janji dn komitmennya sebagai MWA mahasiswa,” kata Afif.

 

Reporter: Dian Mardhiyyah dan Natasya Salsabilla Festy

Editor: Efi Fadhillah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here