Universitas Andalas (Unand) mendirikan Stasiun Pengisian Bensin Umum (SPBU) Modular Corporate Owner Corporate Operate (COCO), Rabu (22/12/2021) (Genta Andalas/Elvi Rahmawani)

Padang, gentaandalas.com- Bekerjasama dengan Pertamina Ritel, Universitas Andalas (Unand) bangun dua unit Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Modular. Wakil Rektor (WR) II Wirsma Arif Harahap menargetkan SPBU tersebut dapat beroperasi pada Januari 2022 mendatang.

“Jika tidak ada kendala, bulan Januari sudah bisa beroperasi,” kata Wirsma saat diwawancarai Genta Andalas, Rabu (22/12/2021).

Dipilihnya pembangunan SPBU Modular disebabkan kebutuhan lahan yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan SPBU Regular. Target pemenuhan kebutuhan Bahan Bakar Minyak dikhususkan dalam skala lokal. Lebih lanjut, Wirsma menyebut anggaran pembangunan SPBU Modular di Unand bersumber dari Pertamina Ritel dengan kontrak selama sepuluh hingga dua puluh tahun.

“Kontrak tersebut bisa diperpanjang, namun rata-rata memang sepuluh sampai dua puluh tahun kontraknya,” jelas Wirsma.

Lokasi pembangunan yang dekat dengan Pusat Kegiatan Mahasiswa dinilai mudah dijangkau banyak orang. Salah satu kerjasama Unand dalam PTNBH ini bertujuan memudahkan akses pembelian bahan bakar minyak bagi seluruh warga Unand serta masyarakat sekitar.

“Agar masyarakat, mahasiswa, dosen tidak perlu jauh membeli bensin, serta mendapat bensin yang berkualitas dan liternya cukup,” jelas Wirsma.

Dibangunnya SPBU Modular ini turut disambut baik oleh mahasiswa Unand. Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat, Najla Esawiyuda mengungkapkan hadirnya SPBU Modular di Unand akan memudahkan jangkauan mahasiswa dan dosen yang membutuhkan bahan bakar.

“Warga sekitar Unand bahkan mahasiswa dan dosen yang menggunakan kendaraan pribadi kan banyak, pasti butuh bensin buat kendaraannya. Tidak perlu lagi jauh-jauh isi bensin ke Jalan Bypass,” kata Najla.

Najla berharap pembangunan SPBU Modular ini dapat berjalan lancar dan tepat waktu. Ia juga berharap kerjasama Unand dengan Pertamina Ritel ini dapat bermanfaat bagi seluruh warga Unand nantinya.

Reporter: Elvi Rahmawani dan Natasya Salsabilla Festy

Editor: Efi Fadhillah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here