(Genta Andalas/Doc.Pribadi)

Padang,gentaandalas,com.-Universitas Andalas (Unand) akan melaksankan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun 2022 dengan memperbesar cakupan wilayah KKN Mahasiswa yang di tahun sebelumya dibatasi oleh kecamatan dan kini diubah berdasarkan kabupaten atau kota dimasing-masing daerah domilisi mahasiswa.

Kepala Pengelola Unit- Kulia Kerja Nyata (PU-KKN) Ujang Khairul menjelaskan bahwa perubahan regulasi KKN tahun 2022 dibuat dengan tujuan agar mahasiswa memilki cakupan yang lebih luas dan tidak dibatasi lagi oleh kecamatan seperti ditahun sebelumnya.

“Kita sudah diskusi dengan Wakil rektror I terkait hal ini, dimana KKN sekarang masih berbasis domisili,tapi bedanya pelaksaan ditahun ini batasan nya di perbesar lagi degan batasan kabupaten atau kota sehingga mahasiswa dari nagari A masih bisa pindah ke nagari B atau C,” ujar Ujang saat diwawancarai Genta Andalas via telepon pada Kamis (10/03/2022).

Ujang menambahkan pelaksanaan KKN tahun 2022 dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang Pertama, KKN dilaksanakan pada Juli-Agustus saat libur semester yaitu selama 40 hari penuh. Sedangkan gelombang kedua, dilaksanakan pada bulan September-Desember KKN dilaksanakan di masa perkuliahan pada hari Sabtu dan Minggu yang mana membutuhkan waktu selama 5 bulan.

Lebih lanjut, Ujang menjelaskan terkait penentuan posko pelaksanaan KKN tahun 2022 ditentukan berdasarkan nagari atau wilayah dimana populasi jumlah mahasiswa Unand lebih banyak.

“Misalnya jumlah Mahasiswa Nagari A berjumlah 12 orang, Nagari B sekitar 5 orang dan Nagari C itu 4 orang, nah tentu yang menjadi posko nya adalah posko A karena populasi mahasiswa kita paling banyak di sana. Setelah itu, kita tarik Mahasiswa nagari B dan C tadi ke nagari A untuk bergabung,” jelas Ujang.

Salah seorang Mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi, Anisa Permata Sari menilai rencana pelaksanaan KKN 2022 sangat memudahkan mahasiswa terlebih batasan koridor mahasiswa melaksanakan KKN lebih luas dibandingkan tahun sebelumnya.

“Mahasiswa akan lebih fleksibel dalam pelaksanaan KKN nantinya karena diperbolehkan pindah lokasi selagi dalam satu kabupaten,” ungkap Anisa saat diwawancarai Genta Andalas via telepon pada Kamis (10/03/2022).

Anisa juga merasa syarat untuk mengikuti KKN 2022 tidak memberatkan mahasiswa salah satunya ada asuransi kesehatan yang menjamin kesehatan dan keselamatan Mahasiswa.

“Dengan adanya jaminan asuansi tersebut , mahasiswa pastinya merasa terlindungi,” tutup Anisa.

Repoter Ade Selvia dan Dian Mardiyyah
Editor : Elvi Rahmawani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here