(Ilustrator/Afri Haikil)

Padang, gentaandalas.com- Beberapa hari belakangan pengemis kembali melakukan aksinya masuk ke beberapa Gedung Kuliah yang ada di Universitas Andalas (Unand). Pengemis meminta uang kepada mahasiswa, yang menyebabkan tidak sedikit mahasiswa yang resah dengan melihat keberadaan pengemis tersebut.

Menanggapi hal itu, Kepala Satpam Unand Ahmad Bebasia mengatakan mahasiswa jika menemukan aktivitas pengemis di gedung kuliah seharusnya melaporkan ke bagian keamanan gedung atau ke satpam yang berada di gedung tersebut agar ditindaklanjuti.

“Bukan difoto kemudian diupload dan diviralkan di media sosial, itu akan membuat malu nama universitas,” ujar Ahmad Bebasia, Senin (4/4/2022).

Lebih lanjut, Bebasis menjelaskan bahwa penanganan untuk pengemis yang waras, yaitu akan ditanya tujuannya atau motifnya sebelum nantinya diusir oleh pihak keamanan. Saat ini pihak keamana juga memasang spanduk yang berisi himbauan agar mahasiswa ketika menemukan kejadian ini lagi maka segera melaporkannya ke bagian keamanan sehingga tidak mengganggu kenyamanan lingkungan kampus.

“Kami sudah menangkap pengemis pada jumat (1/4/2022) di Gedung G yang kemudian langsung diusir, beberapa diantara mareka ada yang kurang waras namun tahu dengan uang,” tambah Bebasia.

Mahasiswi Jurusan Sastra Indonesia Sri Mewan mengatakan bahwa pengemis tidak seharusnya berada di lingkungan kampus, karena gedung kuliah adalah tempat pendidikan.
“Seharusnya satpam di sekitaran kampus Unand itu lebih peka dalam memperhatikan lingkungan sekitar apabila ada hal yang mencurigakan atau dianggap aneh, sebaiknya ditindaklanjuti dan orangnya tidak diperbolehkan masuk ke lingkungan Unand,” tutur Sri Mewan.

Reporter: Haida Rahmi & Humaira Zaini Putri
Editor: Suhada Tri Marneli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here