Air Terjun Lubuak Kudo di Kecamatan Kuranji Kota Padang. (Genta Andalas/Fadhilah Lisma Sari).

Oleh: Fadhilah Lisma Sari*)

Mengunjungi Keindahan Alam yang tersembunyi, Air terjun Lubuak Kudo merupakan salah satu destinasi wisata air terjun yang tersembunyi dan jarang diketahui orang karena letaknya yang jauh dari jalan raya dan pemukiman warga. Air Terjun Lubuak Kudo berada di kawasan Gunung Sarik, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Sumatera Barat.

Pesona kesejukan Air Terjun Lubuak Kudo terasa saat percikan air menyapa kulit dari air yang mengalir deras ke bawah. Air terjun ini berundak dua dengan air yang jernih dan menyegarkan mata. Para penikmat wisata alam sangat disarankan mengunjungi tempat ini karena lokasinya yang masih asri dan kelilingi pepohonan yang rindang. Trek perjalanan yang menempuh jalan yang lumayan jauh dan tidak begitu curam serta lumayan santai membuat tempat ini sangat cocok dijadikan tempat hiking dan cocok dikunjungi bagi penggemar healing.

Perjalanan menuju Air Terjun Lubuak Kudo ini bisa ditempuh dengan jarak 20 kilometer dari pusat Kota Padang. Perjalanan dapat dimulai dari  Jalan Raya Belimbing dan melalui Kampung Guo, setelah sampai di gerbang destinasi Air Terjun Lubuak Kudo ini kita akan menemukan parkiran untuk memasuki area. Dalam perjalanan menuju Air Terjun Lubuak Kudo kali ini saya menggunakan kendaraan bermotor. Sebagian pengunjung menggunakan mobil di parkiran sudah berejejer kendaraan roda dua maupun roda empat. Untuk biaya parkir, pengunjung cukup membayar parkir Rp 2.000 untuk kendaraan motor dan membayar tiket masuk Rp 3.000/Orang.

Perjalanan untuk sampai ke Air Terjun Lubuak Kudo tidak hanya sampai  disitu. Kita harus menempuh perjalanan dengan jalan kaki  sejauh 500 M dari area parkir. Ini dikarenakan jalan menuju air terjun yang kecil dan hanya dapat diakses dengan jalan kaki saja. Selama berjalan kaki kita akan melihat ilalang liar yang menjulang dan melewati hamparan perkebunan masyarakat setempat. Saat mendekati lokasi kita akan melewati bebatuan yang besar sehingga mudah tergelincir, sehingga disarankan untuk menggunakan sepatu yang bertapak kasar.

Sesampainya disana akan disajikan pemandangan air terjun bertingkat yang dikelilingi oleh tebing yang tinggi. Keindahan air terjun sangat luar biasa dan sangat menyejukkan mata. Airnya yang bersih diselimuti dengan pepohonan yang hijau serta bunyi air terjun yang cukup keras, suasana alam yang tenang menambah kesan tersendiri saat berkunjung kesini.

Air terjun ini tidak hanya menyajikan pemandangan alam sebagai nilai jualnya tetapi airnya yang sejuk juga dijadikan oleh banyak pengunjung sebagai pemandian bahkan ada yang menyelam sampai ke dasar air terjun. Air terjun ini juga cocok dijadikan spot swafoto karena sangat indah untuk diabadikan di kamera. Tempat ini sangat cocok dikunjungi apalagi untuk melepaskan penat setelah lelah beraktivitas seharian.

“Saya sering mengunjungi tempat ini pada sore hari, pelepas penat saat lelahnya aktivitas pada pagi dan siang hari. Tempatnya juga asri dan masih terjaga kebersihanya jadi saya sangat nyaman jika kesini,” ungkap Eli, salah satu pengunjung Air Terjun Lubuak Kudo saat di wawancarai Genta Andalas.

Air terjun Lubuak Kudo ini merupakan destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan saat akhir pekan. Karena biayanya yang tidak memberatkan kantong serta keindahan alam yang disajikannya akan membuat rasa penat hilang. Walaupun treknya yang tidak bisa dilalui oleh kendaraan bermotor tetapi dengan jalan kaki menjadi sensasi tersendiri saat menuju air terjun ini. Kita dapat lebih merasakan quality time dengan orang yang kita sayangi dengan berbagi cerita sepanjang perjalanan. Sayangnya banyaknya batuan besar di dekat air terjun membuat kita harus waspada dengan cara memakai sepatu dengan tapak yang kasar agar tidak menimbulkan luka nantinya. Tidak hanya itu tempatnya yang cukup tersembunyi membuat pedagang jarang berjualan di sekitar air terjun ini. Ini membuat pengunjung harus menyediakan bekal sebelum berkunjung ke air terjun agar tidak merasa kelaparan setelah menikmati pemandangan indah dan sejuknya air terjun Lubuak Kudo.

*) Penulis merupakan mahasiswi Fakultas Hukum angkatan 2020 Universitas Andalas 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here