Pemeriksaan gigi gratis untuk mahasiswa di Asrama Hijau oleh Koas FKG Universitas Andalas (Unand), Sabtu (17/09/2022). (Genta Andalas/M. Rivaldo)

Padang, gentaandalas.com- Dalam rangka pencegahan penyakit karies gigi di Indonesia yang terus meningkat, Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Andalas (Unand) mengadakan Bakti Sosial Wilayah (Baksoswil) 2022 dengan mengangkat tema Senyum Sehat Kini dan Nanti Menuju Indonesia Bebas Karies 2030. Ketua Pelaksana Baksoswil 2022 Ananda Elvira Rahmayanti mengatakan bahwa kegiatan ini tidak hanya memberikan pemeriksaan gigi gratis kepada mahasiswa, tetapi juga memberikan edukasi mengenai penyakit karies gigi. Kegiatan Baksoswil diselenggarakan di Asrama Hijau Unand pada Sabtu, (17/09/2022).

“Bakti sosial yang kami adakan ini diharapkan dapat mengedukasi dan meningkatkan kesadaran mahasiswa terhadap kesehatan gigi dan mulutnya sendiri,” jelas Elvira saat diwawancarai Genta Andalas, Sabtu (17/9/2022).

Penyakit karies atau yang sering disebut dengan gigi berlubang merupakan penyakit infeksi yang dapat merusak struktur gigi oleh bakteri. Kerusakan ini ditandai dengan lubang pada gigi. Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengambil langkah untuk menangani penyakit ini dengan mencanangkan Indonesia Bebas Karies 2030.

Kegiatan Baksoswil yang diadakan FKG Unand disambut baik oleh mahasiswa Unand. Salah seorang mahasiswa Teknik Industri Unand Ariiq Putra Kelana, menyampaikan ketertarikannya dengan acara Baksoswil 2022.

“Acara ini sangat menarik dilaksanakan, apalagi acara ini gratis,” jelas Ariiq saat diwawancarai Genta Andalas, Sabtu (17/09/2022).

Reporter: M. Rivaldo dan Atika Liutami Sadri

Editor: Bilqis Zehira Ramadhanti Ishak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here