Penyuluhan Anti Kekerasan Seksual di Lingkungan Anak oleh Dosen Unand kepada Guru PAUD dan TK se-Limau Manis di Gedung A FISIP Unand pada Senin (24/10/2022). (Genta Andalas/Kerina Jefani)

Padang, gentaandalas.com- Tim Dosen Pengabdi Masyarakat dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Andalas (Unand) melaksanakan kegiatan sosialisasi kepada guru PAUD dan TK untuk mencegah adanya tindak kekerasan sosial di lingkungan anak. Menurut pemateri Rozidateno Putri, guru PAUD dan TK merupakan aktor pertama dalam pembangunan karakter anak di luar lingkungan rumah.

“Guru TK dan PAUD harus menjadi agen kepada anak-anak dan masyarakat untuk mencegah adanya kekerasan seksual pada anak didik,” jelas Rozidateno Putri dalam penyuluhan pencegahan kekerasan seksual di lingkungan anak pada Senin (24/10/2022).

Penyuluhan ini berguna sebagai bekal bagi guru agar dapat segera mengenal gejala awal terjadinya tindak kekerasan seksual terhadap anak didiknya sebelum mengarah pada tindakan yang lebih jauh. Tidak hanya itu, guru juga diharapkan dapat memberikan perlindungan terhadap anak apabila sudah mendapatkan tindakan kekerasan seksual hingga mengganggu psikisnya.

Seorang guru TK yang diundang dalam penyuluhan ini, Gusmaneli turut antusias dengan berpartisipasi aktif dalam rangkaian kegiatan yang diadakan.

“Acara seperti ini sangat bermanfaat, kami menunggu kegiatan-kegiatan seperti ini kembali diselenggarakan,” sambut Gusmaneli ketika diwawancarai Genta Andalas.

Reporter: Kerina Jefani dan Lusi Agustia

Editor: Bilqis Zehira Ramadhanti Ishak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here