Penyampaian materi oleh Mawanda Almuhayar sebagai pemateri dalam acara Seminar Nasional PSB XIX yang diladakan di Auditorium Unand, Jumat (18/11/2022). (Genta Andalas/Fadhilah Lisma Sari)

Padang, gentaandalas.com- Pada saat ini, dengan segala kebutuhan yang semakin meningkat, maka meningkat pula berbagai macam inovasi untuk memenuhi kebutuhan tersebut, salah satunya ialah big data. Big data merupakan salah satu inovasi untuk menghimpun data dalam skala besar. Big data memungkinkan kita untuk memperoleh berbagai macam informasi yang kita butuhkan, akan tetapi dibalik kemudahan ini terdapat dampak buruk yang ditimbulkan yakni rentan terjadinya pencurian data karena kemudahan dalam mengakses big data.

“Walaupun big data memberikan banyak keuntungan terhadap kemajuan teknologi, tetapi kemudahan dalam mengakses big data menjadikan keamanan dan kevalidan suatu data menjadi rentan dan mudah tercuri,” jelas Dosen Statistik Universitas Andalas Mawanda Almuhayar, Jumat (18/11/2022).

Lebih lanjut Mawanda menjelaskan salah satu dampak dari kurang validnya suatu data itu adalah tersebarnya informasi yang tidak akurat bagi masyarakat. Oleh sebab itu, masyarakat harus lebih berhati-hati dan perlu menyaring informasi yang didapatkan.

Dengan segala kerentanannya, Mawanda menjelaskan dibutuhkan keahlian serta ilmu untuk mengatur dan mengelola big data agar kita lebih banyak memperoleh keuntungan dari pemanfaatan big data.

Penjelasan mengenai keuntungan serta dampak dari big data ini diadakan pada acara Seminar Nasional dengan tema “Building Innovative Youngpreneur in 5.0 Society Era to Develop National Economy” di Auditorium Unand, Jumat (18/11/2022). Seminar nasional ini merupakan salah satu rangkaian acara dari Pekan Seni Bermatematika oleh Departemen Matematika Unand.

Seminar ini mampu menarik perhatian mahasiswa dari berbagai departemen, salah satunya yaitu seorang mahasiswa dari Departemen Sastra Indonesia Anisa Aulia Amanda yang merasakan manfaat dari paparan materi yang disampaikan di seminar.

“Seminar ini menambah pengetahuan saya mengenai perkembangan teknologi dan upaya yang bisa kita lakukan demi tidak tertinggal oleh perkembangan zaman yang semakin canggih,” tutur Anisa.

Reporter: Putri Salsabila Eryadi dan Fadhila Lisma Sari

Editor: Tiara Juwita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here