Peserta kader melakukan simulasi penanganan pasca bencana gempa bumi dan tsunami bersama mahasiswa Program Studi Profesi/Ners Fakultas Keperawatan Unand di Pantai Kampung KB, Parupuk Tabing, Padang pada Jumat (2/12/2022). (Genta Andalas/Fatiza Khaira)

Padang, gentaandalas.com- Program Studi Profesi/Ners Fakultas Keperawatan Universitas Andalas (Unand) mengadakan pelatihan dan simulasi penanganan pasca bencana gempa bumi dan tsunami yang diadakan di Pantai Kampung KB, Kelurahan Parupuk Tabing, Kota Padang pada Jumat (2/12/2022). Daerah ini dipilih karena memasuki kawasan zona merah rawan bencana.

Koordinator Profesi Ners mata kuliah Bencana, Elvi Oktarina mengatakan bahwa para pemuda dan pemudi warga Kampung KB diberikan pelatihan oleh mahasiswa keperawatan untuk mempersiapkan mereka jika terjadi bencana.

“Pelatihan ini diberikan agar ketika terjadi bencana, mereka tidak melarikan diri dan bingung harus melakukan apa, tetapi mereka bisa menyelamatkan diri nya terlebih dahulu dan dapat memberikan penolongan pertama kepada korban,” ungkap Elvi.

Pelatihan dan simulasi mitigasi bencana diadakan dengan tujuan untuk mengenalkan pengetahuan kepada masyarakat mengenai tindakan pertama menangani bencana. Pelaksanaan mitigasi bencana alam dalam rangka pelaksanaan mata kuliah Keperawatan Bencana berstandarkan International Council of Nurses (ICN).

Lebih lanjut, Elvi menjelaskan bahwa pelatihan bencana sudah dilakukan selama empat minggu di empat RW Kelurahan Parupuk Tabing yang termasuk kawasan zona merah rawan bencana. Di minggu keempat, dilakukan simulasi mitigasi bencana kepada masyarakat. Simulasi dibuat secara nyata seakan-akan benar terjadi bencana.

Moni Safitri, salah satu peserta kader simulasi turut senang dengan kegiatan ini. “Kegiatan ini seru, kita diberi tau cara mengevakuasi dan mengobati korban jika terjadi bencana,” ungkapnya.

Reporter: Fatiza Khaira dan Nabila Annisa

Editor: Haura Hamidah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here