Penjelasan serta penerimaan tuntutan dari BEM KM Unand oleh Rektor Unand di Gedung Rektorat Unand, Jumat (10/2/2023) (Genta Andalas/Lusi Agustia)

Padang, gentaandalas.com- Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Andalas (BEM KM Unand), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), dan mahasiswa Unand mengadakan aksi tuntutan terhadap kejelasan pencairan dana di depan gedung Rektorat Unand pada Jumat (10/2/2023).

Beberapa tuntutan terkait dana yang diajukan pihak BEM KM Unand berupa transparansi keuangan kampus, dana reward mahasiswa berprestasi, dana operasi kegiatan Organisasi Mahasiswa (Ormawa), dan kelanjutan mahasiswa yang tidak lolos KIP-K Mandiri.

Presiden Mahasiswa BEM KM Unand, Yodra Muspierdi sangat menyayangkan keterlambatan pencairan dana tersebut. “Biasanya dana paling lama cair di akhir Januari, tetapi hingga saat ini dana belum juga cair. Apalagi dana bagi mahasiswa berprestasi” keluh Yodra saat berdiskusi di ruang Wakil Rektorat I Unand pada Jumat (10/2/2023).

Wakil Rektor I Unand, Mansyurdin, menanggapi keresahan mahasiswa terkait dana yang bermasalah. “Sebenarnya dana sudah cair tetapi hanya saja sedang macet dalam proses penyaluran ke mahasiswa” jelas Mansyurdin saat melakukan diskusi dengan BEM KM Unand dan perwakilan UKM.

Menanggapi jawaban dari WR I Unand, Yodra mengatakan bahwa tuntutan dana dalam aksi kali ini akan ditunggu paling lama dalam jangka waktu 7×24 jam, serta memangkas proses birokrasi agar dana tidak terlalu lama dicairkan.

“Kalau dalam waktu satu minggu masih tidak dicairkan, kami akan melakukan aksi kembali” tutup Yodra

Reporter: Aisyah Luthfi dan Lusi Agustia

Editor: Haura Hamidah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here