(Ilustrator/Joy Prima)

Padang, gentaandalas.com– Dugaan adanya pengalihan dana kemahasiswaan Universitas Andalas (Unand) untuk kegiatan lain disampaikan langsung saat pertemuan antara Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) pada Selasa (21/2/2023). Pengalihan dana tersebut masih dalam tahap penyelidikan oleh Satuan Pengawas Internal (SPI) Unand.

“Kasus ini masih dalam tahap audit dan akan diselidiki lebih lanjut,” jelas pihak SPI saat diwawancarai Genta Andalas pada Senin (27/2/2023). Dana kemahasiswaan seharusnya digunakan untuk reward mahasiswa berprestasi, dana operasional, dan kegiatan kemahasiswaan lainnya, tetapi digunakan untuk kegiatan lain.

Menteri Dalam Negeri BEM KM Unand, Lingga turut membenarkan adanya kasus pengalihan dana tersebut. “Kabar tersebut benar adanya dan saat ini masih dalam penyelidikan SPI,” jelas Lingga saat diwawancarai Genta Andalas pada Senin (27/2/2023).

Buntut dari kasus itu membuat pencairan dana kemahasiswaan terlambat cair, seperti dana kepanitiaan dan dana reward mahasiswa berprestasi. Salah satunya yaitu dana kepanitiaan Pekan Andalas tahun 2022 yang masih belum cair. “Dana yang diajukan ke kemahasiswaan belum cair, padahal sudah kami kumpulkan Lembar Pertanggung Jawaban (LPJ) bulan November tahun lalu ke kemahasiswaan,” jelas Ketua Pelaksana Pekan Andalas 2022, Daffa Ridhallah saat diwawancarai pada Kamis (16/2/2023).

Begitu juga dengan dana reward pemenang Pekan Olahraga Tingkat Daerah (POMDA) dan Pekan Olahraga Tingkat Nasional (POMNAS) belum cair hingga saat ini. Helmi Pratama memberikan konfirmasi bahwa memang dana reward POMDA dan POMNAS tersebut belum cair. “Dana reward POMNAS dan POMDA masih belum cair,” ujar Ketua Umum UKM Pandekar, Helmi Pratama pada Selasa (28/2/2023).

Reporter: Kerina Jefani dan Sandra Ardiyana

Editor: Haura Hamidah

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here