Pengunjung sedang menikmati suasana asri dari wisata Muaro, Minggu (21/6/2023) (Genta Andalas/Aprila Aurahmi)

Oleh: Aprila Aurahmi*

Tidak akan pernah habis rasanya, bila berbicara tempat wisata di Kota Padang. Berbagai pilihan destinasi wisata tersedia di kota ini. Mulai dari wisata pantainya, wisata air, maupun wisata bukit yang dimilikinya sunggu memanjakan mata. Keindahan, kenyamanan, dan keasrian alam juga masih terjaga dengan baik. Seperti wisata air yang berada di Kota Padang bernama wisata Muaro yang berada di tengah lokasi padat penduduk kota. Wisata Muaro ini berlokasi di Jl. Tarbiyah, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang. Tempat wisata Muaro ini masih terbilang sedikit orang yang mengetahuinya.

Perjalanan menuju wisata Muaro ini hanyalah mema pkan waktu tempuh sekiatar 31 menit dari Universitas Andalas menggunakan kendaraan bermotor. Perjalanan menuju wisata Muaro juga dapat ditempuh menggunakan kendaraan umum berupa Trans Padang koridor 1 dan turun di halte Pasir Jambak. Setelah sampai di halte, pengunjung dapat berjalan kaki ke lokasi wisata Muaro lebih kurang dua menit lamanya.

Sesuai dengan namanya, wisata Muaro adalah sebuah tempat wisata air dan merupakan muara dari pantai Tabing Pasir Putih yang berada di sebelah kanan dari jalan raya. Posisi lokasi yang berada di samping jembatan penghubung jalan raya membuat ornag-orang kurang menyadari keindahan dan kenyamanan yang disuguhkan wisata Muaro ini. Apabila berkunjung di saat sore hari, semilir angin senja akan membantu rasa Lelah dan penat akibat stress pekerjaan menjadi berkurang. Bersantai di wisata Muaro dapat menjadi salah satu pilihan terbaik dalam berwisata di Kota Padang.

Wisata Muaro juga snagat dijaga kebersihannya oleh warga sekitar, warung-warung kecil milik warga dan pengunjung. Di setiap sudut-sudut tempat, telah disediakan tempat sampah yang dapat memudahkan akses kebersihan tempat menjadi terjaga. Selain itu, wisata Muaro juga menyuguhkan pemandangan muara laut yang tenang dan sejuk. Di sini, tidak perlu khawatir akan cuaca panas maupun polusi kendaraan, sebab di sekeliling wisata Muaro telah ditanami pohon-pohon besar nan rindang.

Bila kondisi cuaca sore hari sedang bagus, maka wisata Muaro ini akan sangat sesuai untuk dikunjungi sebagai tempat bersantai. Tidak hanya itu, sebagai tempat piknik bersama keluarga kecil maupun bersama teman juga sangat direkomendasikan. Penjual sekitar wisata Muaro, Hasnah mengungkapkan keunggulan wisata Muaro ini sebagai tempat liburan keluarga yang pas. “Wisata Muaro ini cocok dikunjungi bersama keluarga maupun teman saat pagi hari, maupun saat senja dengan menikmati matahari tenggelam,” ungkap Hasnah pada Minggu (21/6/2023).

Selain itu, dari segi kenyamanan dan keamanan, wisata Muaro tidak perlu diragukan. Di sini, tidak adanya pungutan liar serta premanisme. Lebih lanjut, apabila pengunjung membawa kendaraan maka tidak akan adanya pemungutan uang parkir yang dilakukan. Sehingga, tempat ini bebas dari biaya parkir maupun biaya pungutan apapun bentuknya.

Dari segi fasilitas yang tersedia, peralatan piknik seperti tikar bagi pengunjung yang menginginkannya bisa didapatkan dari warung-warung yang tersedia di samping wisata Muaro. Di sini, pengunjung juga dapat memancing ikan, sebab kualitas ikan dan airnya yang masih terjaga kelestariannya. Di samping wisata Muaro juga tersedia fasilitas sewa sepeda bagi pengunjung yang ingin bersepeda, menikmati semilir angin dengan suasananya yang asri. Sebab, jalan kecil di sekitar wisata Muaro tidak banyak dilalui oleh pengendara bermotor. Tarif yang dikenakan mulai dari Rp 20.000 tergantung berapa lama durasi peminjaman sepeda.

Pengunjung wisata Muaro, Lara mengakui bahwa ia baru pertama kali ke tempat wisata Muaro dan suasana tempat ini mampu membuat pengunjung betah. “Bagi saya sebagai mahasiswa, suasana seperti ini sangat menyegarkan dan menjadi alternatif terbaik dalam menikmati akhir pekan,” tutur Lara

*Penulis merupakan mahasiswa Departemen Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here