Kepala UTD PMI Kota Padang, Widyarman saat menyampaikan materi donor darah di RS UNAND pada Rabu (14/6/2023) (Genta Andalas/Junivermana Yoga)

Padang, gentaandalas.com- Donor darah adalah pengambilan darah yang dilakukan secara sukarela dari seorang untuk orang lain yang membutuhkan. Selain penerima darah, donor darah memiliki banyak manfaat bagi pendonor darah. Manfaat tersebut yaitu mencegah penyakit kanker, menurunkan berat badan, dan dapat mendeteksi penyakit. Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia Kota Padang, Widyarman dalam acara Launching Bank Darah yang diadakan di Rumah Sakit Universitas Andalas (UNAND).

“Banyak manfaat yang dapat didapatkan dari donor darah, seperti mendeteksi penyakit, mencegah penyakit jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, hingga menurunkan berat badan. Tidak hanya penerima darah saja yang menerima manfaat, pemberi juga,” tutur Widyarman pada Rabu (14/6/2023).

Widyarman menambahkan bahwa dengan adanya kegiatan donor darah dan bank darah di RS UNAND akan menambah jumlah pasokan kantong darah. Saat ini setiap harinya di PMI Padang hanya ada sebanyak 40 kantong darah. Widyarman menekankan pentingnya donor darah untuk menyelamatkan nyawa seseorang.

Lebih lanjut, Widyarman mengatakan bahwa sebelum mendonor darah, pendonor harus melakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Ada syarat-syarat yang harus dipenuhi pendonor sebelum mendonor seperti berat badan yang tidak boleh di bawah 45 kilogram.

Mahasiswa Jurusan Kedokteran UNAND, Rinaldiansyah, mengungkapkan bahwa kegiatan talkshow di RS UNAND ini sangat bermanfaat dan dapat menjadi kesempatan donor darah bagi mahasiswa yang berminat.

“Adanya kegiatan donor darah dan talkshow di RS UNAND ini membuat mahasiswa terdorong untuk melakukan donor darah. Saya merasa senang setelah mengetahui adanya manfaat kesehatan bagi pendonor,” ujar Rinaldiansyah.

Reporter: Junivermana Yoga dan Zulkifli Ramadhani

Editor: Asa Alvino Wendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here