(Ilustrator/Joy Prima)

Padang, gentaandalas.com- 

Sebanyak 115 proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2023 Universitas Andalas (UNAND) berhasil mendapatkan pendanaan dari Simbelmawa. Mahasiswa yang tergabung dalam tim lolos pendanaan Simbelmawa diharuskan mengikuti riset dari bulan Juni hingga Desember. Jadwal riset yang bentrok dengan jadwal KKN Reguler membuat UNAND harus mengalihkan KKN mahasiswa tergabung tim lolos pendanaan ini menjadi KKN Tematik. Kepala UPT Pembelajaran di Luar Kampus, Sofyan mengatakan bahwa sampai saat ini teknis pelaksanaannya sendiri masih belum jelas.

“Mahasiswa lolos PKM terpaksa keluar dari kelompok KKN Regulernya untuk fokus melakukan riset PKM dan dialihkan ke KKN Tematik. Namun, terkait teknis pelaksanaannya masih belum jelas hingga saat ini,” ungkap Sofyan selaku Kepala UPT Pembelajaran di Luar Kampus (PDK) saat diwawancarai Genta Andalas pada Selasa (27/6/2023).

UNAND memberikan solusi dengan pengalihan pelaksanaan KKN reguler bagi mahasiswa yang lolos pendanaan dari Simbelmawa menjadi KKN tematik agar jadwal riset PKM tidak bentrok dengan jadwal KKN. Mahasiswa yang telah bergabung dengan kelompok KKN reguler diharuskan keluar agar dapat melaksanakan KKN Tematik.

Mengenai waktu pelaksanaan KKN Tematik diperkirakan akan dilaksanakan setelah masa KKN Reguler berakhir. Sofyan menjelaskan bahwa KKN Tematik akan berlangsung selama 40 hari dengan waktu pelaksanaan setiap Jumat hingga Minggu selama satu semester.

Mahasiswa Departemen Teknik Elektro Angkatan 2020, Andre Paskah Gultom, menyampaikan kebingungannya terhadap kelanjutan dari solusi yang sempat didengarnya terkait peralihan pelaksanaan KKN bagi mahasiswa yang lolos PKM 2023 ini.

“Kami yang lolos pendanaan PKM 2023 diminta mengisi google form untuk mendata siapa saja yang akan dialihkan dari KKN Reguler ke KKN Tematik. Namun, sampai sekarang form tersebut belum ada dan teknis pelaksanaannya masih belum jelas penyampaiannya,” jelas Andre.

Terkait belum jelasnya teknis ini, Andre berharap adanya informasi yang terarah dan menyeluruh kepada mahasiswa yang KKN Reguler dialihkan ke KKN tematik agar mahasiswa dapat mempersiapkan diri dan bisa merancang pelaksanaan riset PKM 2023.

Reporter: Kerina Jefani dan Lusi Agustia

Editor: Asa Alvino Wendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here