Massa melakukan aksi solidaritas peduli palestina di depan Masjid Raya Sumbar pada Minggu (15/10/2023) (Genta Andalas/Fadhilatul Husni)

Padang, gentaandalas.com- Konflik antara Palestina dan Israel kembali meningkat, setelah Hamas melancarkan serangan mendadak dari segala arah ke Israel. Hal tersebut dilakukan sebagai respons terhadap perebutan Masjidil Aqsa di Yerussalem Timur yang diduduki dan meningkatnya kekerasan yang dilakukan oleh pemukim Israel terhadap warga Palestina.

Kini, keadaan di Jalur Gaza, Palestina kian memanas. Hal tersebut membuat Aliansi Minangkabau Cinta Palestina menggelar aksi Solidaritas peduli Palestina pada Minggu (15/10/2023) di depan Masjid Raya Sumatra Barat (Sumbar).

Perwakilan Aliansi Minangkabau Cinta Palestina, Muhammad Farid menyebutkan hal ini dilakukan dengan tujuan sosialisasi kepada masyarakat agar peduli dengan Palestina. “Kegiatan ini sebagai bentuk penyampaian tuntutan mengutuk keras zionis Israel yang melakukan penindasan terhadap Palestina dan juga keinginan kemerdekaan bagi Palestina,” sebut Farid pada Minggu (15/10/2023).

Kegiatan aksi dilakukan dengan orasi dan menghimpun donasi yang akan disalurkan ke lembaga resmi ke Palestina yang bernama Komite Nasional Rakyat Palestina (KNRP). Aksi ini juga merupakan bentuk keresahan terhadap perlakuan Israel kepada Palestina yang telah melakukan penindasan selama berpuluh-puluh tahun.

Salah seorang massa aksi, Khaira Maulida mengatakan rasa takjub pada aksi kali ini karena ramainya antusias dari masyarakat Sumbar, terutama mahasiswa. Sebab, telah lama masyarakat Sumbar tidak melakukan aksi solidaritas peduli Palestina. Hal ini dilakukan kembali sebagai bentuk dukungan terhadap masyarakat Palestina atas hak kemerdekaannya.

“Semoga dengan adanya aksi kali ini, masyarakat Sumbar kembali aktif dalam menyuarakan kemerdekaan untuk palestina” tutup Khaira

Reporter: Fadhilatul Husni dan Zahra Nurul Aulia

Editor: Haura Hamidah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here