Penutupan acara Pekan Konstitusi yang juga dihadiri oleh Rektor UNAND,Yuliandri pada Jumat (10/11/2023) di UNAND. (Genta Andalas/ Junivermana Yoga)

Padang Gentaandalas.com-Penutupan acara Pekan Konstitusi (Pekon) ke XIV diadakan di Universitas Andalas (UNAND) pada Jumat (10//11/2023). Universitas Padjajaran keluar sebagai juara umum Peradilan Semu MK, diikuti oleh juara kedua Universitas Islam Sunan Kalijaga, dan juara ketiga Universitas Gajah Mada. Ketua Pelaksana Acara, Ilhamdi Putra mengungkapkan ramainya antusiasme peserta yang diikuti oleh 30 kampus pendaftar se-Indonesia.

“Acara Pekon ke XIV menarik minat yang cukup tinggi dari berbagi kampus di Indonesia hingga mencapai 50 kampus pendaftar, namun akhirnya yang melengkapi berkas ada 30 kampus, dan diseleksi menjadi 12 kampus untuk mengikuti acara tersebut,” ujar Ilhamdi pada Jumat (10/11/2023).

Lebih lanjut Ilhamdi menjelaskan bahwa acara ini sempat tertunda dua tahun akibat pandemi, dan akhirnya kembali diselenggarakan dengan kerja sama antar Pusat Studi Konstitusi UNAND dan Mahkamah Konstitusi (MK).

“Sebelumnya MK pernah mengadakan peradilan semu MK, namun terputus dan menawarkan kepada kami dan kami menyanggupi, terjadilah gabungan antara peradilan semu MK dengan pekan konstitusi,” ungkap ilhamdi.

Menurut Ilhamdi terselenggarakannya acara ini membawa dampak cukup baik selain sebagai ajang kompetisi, juga menjadi ajang promosi bagi Fakultas Hukum untuk menarik minat siswa SMA yang sedang ikut bertanding.

“Dilihat dari sisi kampus bisa menjadi ajang promosi kampus karena banyak peserta dari Pekan Konstitusi antar SMA yang menjadi mahasiswa Fakultas Hukum. Dari sisi MK, dari momentum untuk memperbaiki marwahnya di mata publik akibat kabar yang baru-baru ini terjadi,” sambung Ilham pada Jumat (10/11/2023)

Salah satu perwakilan juara satu Peradilan Semu MK, Muhammad Ali dari Universitas Padjajaran mengungkapkan bahwa dirinya senang mengikuti perlombaan ini.

“Acaranya luar biasa, senang rasanya mengikuti perlombaan ini. Harapan kedepannya agar jika tahun depan diselenggarakan di Unand lagi, semoga bisa semeriah ini,” tutup Ali pada Jumat (10/11/2023).

Reporter : Junivermana Yoga dan Fahara Azzah Syafaqoh
Editor : Tiara Juwita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here