Pembukaan Pelatihan bahasa isyarat pada Sabtu (4/11/2023) (Dok.Pribadi)

Pandang, gentaandalas.com- Unit Layanan Disabilitas (ULD) Universitas Andalas (UNAND) akan bentuk tim relawan bahasa isyarat untuk bantu komunikasi mahasiswa difabel. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua ULD, Rozi Sastra Purna pada Sabtu (4/11/2023).

“Saat ini ULD membutuhkan relawan mahasiswa dari setiap fakultas, untuk meningkatkan kemampuan bahasa isyarat agar memudahkan berkomunikasi dengan mahasiswa difabel. Oleh karena itu ULD menyelenggarakan pelatihan bahasa isyarat dasar bagi mahasiswa,” ungkap Rozi Sabtu (4/11/2023).

Direktur Pendidikan dan Pembelajaran Nur Afrainin Syah mengatakan bahwa pentingnya upaya UNAND untuk memberikan Pelatihan bahasa isyarat dasar bagi mahasiswa di UNAND sebagai alat komunikasi.

“Kegiatan ini adalah bentuk upaya UNAND menjadi kampus inklusif, sebab pelatihan ini penting diberikan agar dapat membantu mahasiswa disabilitas tuli dalam proses pembelajaran di kampus,” kata Afranin pada Minggu (5/11/2023).

Kegiatan pelatihan bahasa isyarat ini telah diadakan oleh ULD sejak Sabtu (4/11/2023) hingga Minggu (5/11/2023). Pelatihan ini berlangsung selama dua hari dengan jumlah peserta sebanyak 30 mahasiswa dari berbagai program studi yang ada di UNAND. Pelatihan ini difasilitasi oleh juru bahasa isyarat dan dua guru bahasa isyarat dari mahasiswa difabel UNAND yaitu Aldo Agusti dan Frizka.

Reporter: Della Silsilia Putri dan Sherly Oktariani

Editor: Fadhilatul Husni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here