Pengunjung sedang Menikmati Indahnya Pemandangan dari Taman Wisata Panorama Baru, Kamis (28/12/2023) (Genta Andalas/Zulkifli Ramadhani)

Oleh: Zulkifli Ramadhani*

Kota Bukittingi tidak pernah kehabisan tempat yang menarik untuk dikunjungi. Kota yang menjadi salah satu kota bersejarah bagi bangsa Indonesia ini memiliki banyak tempat wisata dan bahkan tidak sedikit wisata asri yang masih dilestarikan oleh masyarakatnya. Salah satunya Taman Wisata Panorama Baru yang berada di Puhun Pintu Kabun, Kec. Mandiangin Koto Selayan yang berjarak 6 Km dari pusat Kota Bukittinggi, Sumatra Barat.

Taman Wisata Panorama Baru yang merupakan salah satu objek wisata lama yang ada di Bukittinggi ini sempat terbengkalai namun telah dibangun kembali dan telah dibuka sejak bulan Agustus lalu. Taman Wisata Panorama Baru ini menjadi tempat yang cocok untuk menikmati waktu liburan dengan daya tarik utama pemandangan indah nan asri dari ngarai dan Gunung Singgalang yang terbentang memanjakan mata. Tidak hanya itu, di tengah landscape yang mengagumkan tersebut telah dibangun banyak tempat yang bisa jadi spot foto dan tempat duduk bersantai bagi pengunjung.

Menuju Taman Wisata Panorama Baru dari pusat Kota Bukittinggi tidaklah memakan waktu lama, hanya membutuhkan waktu 12 menit menggunakan kendaraan bermotor. Jalanan yang dilalui menuju lokasi berupa jalanan beraspal seperti umumnya di Kota Bukittinggi sehingga tidak akan jadi kesulitan bagi pengunjung yang ingin liburan kesana. Dilokasi juga tersedia tempat parkir bagi kendaraan roda dua dan juga roda empat. Tarif masuk di Taman Wisata Panorama Baru ini dibilang terjangkau hanya dengan Rp.5000/orang dengan tambahan Rp.2000 untuk biaya parkir kendaraan motor dan Rp.5000 parkir mobil, kita sudah dapat memanjakan mata dengan pemandangan indah panorama.

Dari parkiran menuju ujung jalan yang terlihat hamparan ngarai dan Gunung Singgalang hanya berjalan lurus sekitar 3 menit saja dengan melalui jalan yang juga beraspal disertai pepohonan rindang disekitarnya yang dapat menjadi spot foto bagi pengunjung. Setelah berjalan sekitar tiga menit akan terlihat pemandangan indah dengan landscape ngarai dan Gunung Singgalang yang dapat memanjakan mata. Disana pengunjung dapat menikmati waktu dengan duduk melihat pemandangan maupun berfoto dengan berbagai macam spot foto yang telah dibangun seperti ayunan, rumah pohon dan gardu pandang atau semacam panggung yang dibangun dari kayu dan bambu.

Berdasarkan penuturan Koordinator Taman Wisata Panorama Baru, Zulhendri menyampaikan bahwa tempat wisata yang diswakelola masyarakat sekitar ini dibuka setiap harinya dari pagi hingga menjelang malam dan akan terus dikembangkan untuk menambah kenyamanan pengunjung yang ramai terutama dihari libur.

“Buka jam 07.00 WIB hingga sekitar 18.30 WIB setiap harinya, untuk malam hari belum memungkinkan penerangannya dan biasanya setiap sabtu-minggu puncak ramai pengunjungnya di pagi dan sore hari” ujar Zulhendri pada Kamis, (28/11/2023).

Salah seorang pengunjung asal Kabupaten Agam, Keisha, mengungkapkan bahwa ia mengetahui tempat wisata ini dari media sosial yang memperlihatkan hamparan alam yang indah dan tertarik berkunjung untuk menikmati waktu serta berswafoto di Taman Wisata Panorama Baru ini.

“Saya ke sini sudah dua kali, karena awalnya tertarik melihatnya di media sosial, dan memang pemandangannya indah lalu ada banyak spot foto juga salah satunya ayunan” tutur Keisha.

Taman Wisata Panorama Baru ini memang memiliki pemandangan yang menawan dan juga menyejukkan karena jauh dari kebisingan kota dengan suhu rata-rata 21°C. Dengan tarif masuk yang terjangkau dan dapat menikmati waktu serta fasilitas spot foto yang disediakan, sangat cocok untuk menjadi salah satu tempat yang ingin dikunjungi dihari liburan melepas letih dari beraktivitas dan kebisingan kota.

*Penulis merupakan mahasiswa Departmen Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Andalas 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here