Sambutan aksi flashmob bela Palestina di pelataran Masjid Raya Sumbar oleh Ketua MUI Kota Padang, Sabtu (13/1/2024) (Genta Andalas/Zulkifli Ramadhani)

Padang, gentaandalas.com- Aliansi Masyarakat Sumatera Barat (Sumbar) Peduli Palestina menggelar aksi flashmob di pelataran Masjid Raya Sumbar sebagai bentuk peringatan terhadap 100 hari kejahatan kemanusiaan yang terjadi di Gaza, Palestina oleh Israel pada Sabtu (13/1/2024).

Aksi flashmob yang berlangsung sepanjang jalan Khatib Sulaiman pelataran Masjid Raya dimulai dari jam 08.00 hingga jam 10.00 ini dibuka oleh ketua MUI Kota Padang, Japeri Jarab. Dalam sambutannya, Japeri menekankan bahwa aksi ini adalah ekspresi dukungan kuat dari masyarakat Sumatera Barat kepada Palestina yang masih terus menderita akibat tindakan zalim Israel.

“Mengingat 100 hari saudara kita di Palestina terus dihantui kekejaman Israel, kita berdiri sepanjang Masjid Raya dengan poster, bendera Indonesia, dan bendera Palestina untuk menunjukkan solidaritas kita,” ujar Japeri Sabtu (13/01/2024).

Lebih lanjut, Japeri menyampaikan harapan agar aksi ini dapat menjadi suara yang menekan agar perang segera berakhir dan PBB untuk menghentikan agresi Israel secara total dan memberikan hak kemerdekaan bagi Palestina.

Pantia aksi flashmob, Darman menjelaskan bahwa aksi ini mendapat dukungan dari MUI dan Pemerintah Daerah, serta diikuti oleh hampir 1000 orang dari berbagai organisasi kemasyarakatan dan masyarakat Sumbar.

Peserta aksi dari Pesisir Selatan, Dedy Umbara menegaskan bahwa aksi ini penting sebagai bentuk kesadaran masyarakat dan sebagai cara untuk menunjukkan dukungan terhadap perjuangan Palestina.

“Aksi seperti ini diharapkan dapat membangun tekanan internasional untuk mengakhiri konflik dan memberikan kemerdekaan kepada rakyat Palestina,” tutup Dedy.

Reporter: Zahra Nurul Aulia dan Zulkifli Ramadhani

Editor: Fadhilatul Husni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here