Kepala Divisi Operasional Humas Capital PT Pegadaian, Ismail ilyas saat menyampaikan materi kuliah umum di Seminar Gedung F pada kamis (29/02/2024) (Genta Andalas/Resti Rasyid)

Padang Gentaandalas.com-Kepala Divisi Operasional Humas Capital PT Pegadaian, Ismail Ilyas sebutkan pentingnya soft skill bagi mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja minimal 80%, hal tersebut disampaikannya pada saat menjadi pemateri kuliah umum di Gedung Seminar F pada Kamis (29/2/2024).

“Soft skill dapat mencerminkan bagaimana seseorang berinteraksi dengan orang lain dan berkontribusi dalam lingkungan kerja, sehingga setidaknya 80% soft skill harus dimiliki oleh seseorang,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan bahwa proses wawancara kerja sangat berpengaruh pada diterima tidaknya seseorang pada suatu perusahaan atau tempat melamar kerja. Para assesor memperhatikan semangat dan antusiasme seseorang untuk maju di tempat kerja sehingga jawaban yang diberikan sebaiknya mengarah pada kemampuan dan kompetensi yang dimiliki calon karyawan.

Acara kuliah umum yang mengangkat tema “Persiapan dunia kerja,” merupakan kerja sama Unit Pelaksana Teknis  Kewirausahaan dan Karier dengan pihak PT Pegadaian. Selain dihadiri oleh pihak dari PT Pegadaian, dalam acara ini hadir pula Rektor UniversitasAndalas, Efa Yonnedi sebagai pemateri. Dalam kuliah umum tersebut Efa menyampaikan  bahwa keseimbangan antar apa yang dipelajari dalam dunia perkuliahan dan dunia kerja adalah kunci dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

“Harus ada keseimbangan antara apa yang dipelajari di dunia pendidikan dengan apa yang dibutuhkan di dunia kerja sehingga dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia kita,” ujar Efa.

Salah seorang mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi,  Alam Maulana mengungkapkan rasa antusiasnya dengan adanya kuliah umum tersebut.

“Sangat bermanfaat bagi mahasiswa yang akan memasuki dunia kerja ataupun fresh graduate.”

Reporter: Nabila Annisa dan Resti Rasyid

Editor: Tiara Juwita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here