Hasil perhitungan suara oleh panitia MWA-UM UNAND pada Selasa (5/3/2024) (Genta Andalas/Resti Rasyid)

Padang, Gentaandalas.com- Usai pemilihan anggota Majelis Wali Amanat (MWA) dari Unsur Mahasiswa (UM) Universitas Andalas, Muhammd Aliefio Defano Terpilih sebagai Perwakilan Mahasiswa dalam MWA-UM Universitas Andalas (UNAND) pada Selasa (5/3/2024).

Pemilihan anggota MWA-UM UNAND berlangsung selama dua hari yang dilakukan di Convention Hall dan Seminar PKM UNAND. Dari hasil pemilihan tersebut, Muhammd Aliefio Defano berhasil terpilih sebagai perwakilan mahasiswa dalam MWA UNAND tahun 2024 dengan perolehan suara sebanyak 43 dari total 94 Organisasi Mahasiswa (Ormawa) yang berpartisipasi dari total 174 Ormawa di UNAND.

Sebagai perwakilan MWA yang terpilih, Aliefio menyatakan komitmennya untuk memperjuangkan aspirasi mahasiswa dan mengoptimalkan sumber daya yang ada di UNAND. Dia menyebutkan bahwa MWA-UM akan mengadakan kajian bersama dengan Ormawa baik tingkat fakultas maupun universitas untuk membahas aspirasi mahasiswa, termasuk masalah uang kuliah tunggal, aksesibilitas mahasiswa, dan pendanaan kemahasiswaan.

“Program utama MWA-UM UNAND tahun ini adalah memperjuangkan aspirasi mahasiswa dan mengoptimalkan sumber daya di UNAND. Kami akan berfokus pada hal tersebut dan mengupayakan agar potensi yang ada di UNAND dapat dimanfaatkan secara maksimal,” ungkap Aliefio saat diwawancarai oleh Genta Andalas pada Selasa (5/3/2024).

Aliefio juga menambahkan bahwa struktur Badan Kelengkapan MWA-UM akan dirombak sedikit untuk tahun ini. Setiap Ormawa, baik di tingkat fakultas maupun universitas, diminta untuk mengirimkan dua perwakilan berdasarkan rekomendasi Gubernur atau Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM-KM) setiap fakultas. Hal ini dilakukan untuk mengakomodasi banyaknya aspirasi mahasiswa UNAND yang mencapai hampir 35 ribu orang.

Program-program yang diusung oleh MWA-UM tahun ini mendapat dukungan luas dari berbagai pihak. Gubernur BEM-KM Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Eris Agung Abdul Haris, menyatakan dukungannya terhadap beberapa program yang dicanangkan oleh MWA-UNAND, serta juga perlu mengkritisi program yang sekiranya tidak baik, Dia juga berharap MWA-UM dapat menjadi wadah yang mampu menggambarkan aspirasi mahasiswa UNAND dengan baik dan membawa aspirasi tersebut ke dalam forum MWA UNAND.

“Saya mendukung program yang dihadirkan, seperti program kajian yang mengadakan pertemuan antar ormawa dan MWA-UM, namun tentu jika ada program yang tidak baik maka kita perlu mengkritisinya, ini juga menjadi momen penting yang baik untuk kita menyatukan visi dan bersinergi untuk menentukan arah gerak MWA-UM yang baru terpilih, ” tutur Eris saat diwawancarai oleh Genta Andalas pada Selasa (5/3/2024).

Reporter: Resti Rasyid dan Vannisa Fitri

Editor: Fadhilatul Husni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here