Padang, gentaandalas.com- Pada era saat ini, mempertahankan budaya menjadi hal yang penting dilakukan oleh semua kalangan. Apalagi bagi Gen Z, anak muda yang dengan mudah dipapari budaya luar karena dorongan digitalisasi. Di tengah era para Gen Z menghabiskan waktu dengan gawai dan nongkrong di kafe-kafe yang jauh dari esensi budaya tradisional, mahasiswa Jurusan Sastra Minangkabau, Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Universitas Andalas (UNAND) justru mengadakan kegiatan penampilan tradisi budaya yang terbuka untuk umum di Bagindo Aziz Chan Youth Center pada malam minggu (8/6/2024).

Mengusung tema “Sero-Sero Gen Z Melestarikan Budaya, Baliak Ka Ragi Bagaluik Jo Tradisi, Rang Mudo Melestarikan Budaya,” serangkaian penampilan budaya yang ditampilkan terdiri dari tari pasambahan, randai, solo song, band, dan acara puncak yakni hoyak tambua dipersembahkan untuk mengisi waktu malam minggu.

Pembukaan acara diawali dengan penampilan Tari Pasambahan oleh mahasiswa Jurusan Sastra Minangkabau, FIB, UNAND di Gedung Bagindo Aziz Chan Youth Center pada Sabtu (8/6/2024).
Foto: Vannisa Fitri
Penampilan Randai A yang mengangkat cerita “Sagan Badayuang Anyuik Sarantau” oleh mahasiswa Jurusan Sastra Minangkabau, FIB, UNAND di Gedung Bagindo Aziz Chan Youth Center pada Sabtu (8/6/2024).
Foto: Vannisa Fitri
Penampilan Randai B yang mengangkat cerita “Sabai Nan Aluih” oleh mahasiswa Jurusan Sastra Minangkabau, FIB, UNAND di Gedung Bagindo Aziz Chan Youth Center pada Sabtu (8/6/2024).
Foto: Vannisa Fitri
Penampilan spesial oleh Band Ethera, Universitas Negeri Padang (UNP) yang turut diundang di Gedung Bagindo Aziz Chan Youth Center pada Sabtu (8/6/2024).
Foto: Zulkifli Ramadhani
Acara puncak sebuah penampilan Hoyak Tambua oleh mahasiswa Jurusan Sastra Minangkabau, FIB, UNAND di Gedung Bagindo Aziz Chan Youth Center pada Sabtu (8/6/2024).
Foto: Zulkifli Ramadhani
Antusiasme penonton yang turut maju kedepan mengikuti hoyak tambua di Gedung Bagindo Aziz Chan Youth Center pada Sabtu (8/6/2024).
Foto: Zulkifli Ramadhani

Reporter: Vannisa Fitri dan Zulkifli Ramadhani

Editor: Fadhilatul Husni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here