Dua orang pengunjung saat memasuki lokasi wisata Goa Kelelawar Padayo, yang berlokasi di Indarung, Kota Padang pada Kamis (27/6/2024) (Genta Andalas/ Latifah Maratus)

Oleh : Latifah Maratus Sholihah

Padang, kota yang terkenal dengan pesona wisata baharinya, kini turut memperkenalkan destinasi tersembunyi yang tak kalah menarik, yaitu Goa Kelelawar Padayo. Untuk sampai ke Goa Padayo pengunjung harus melewati jalan utama PT Semen Padang menuju Bukit Padayo, Kelurahan Indarung, dengan jarak kurang lebih tiga kilometer dari pintu masuk. Selain dapat menikmati keindahan goa, di tengah perjalanan menuju lokasi, pengunjung juga memiliki kesempatan untuk melihat dan memfoto serta memberi makan rusa totol yang berada di dalam kandang besi.

Setelah tiba di gerbang Bukit Padayo, pengunjung akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 10.000 per orang, yang sudah termasuk biaya parkir. Diteruskan perjalanan selanjutnya menuju titik parkir yang terletak sekitar 100 meter di atas permukaan laut. Suasana alami Bukit Padayo yang hijau, lengkap dengan kicauan burung dan udara yang segar, akan memberikan pengunjung pengalaman menyegarkan jiwa dan pikiran yang sangat cocok untuk menghilangkan stres.

Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki menuruni Bukit Padayo sejauh sekitar 400 meter dari tempat parkir. Dalam perjalanan menuruni bukit, pengunjung akan disuguhi pemandangan alam yang masih alami dan terjaga keindahannya. Jalan setapak yang terbuat dari balok semen yang disusun dengan rapi di atas tanah oleh penduduk setempat memberi kesan indah dan teratur. Selama perjalanan, terlihat aliran air sungai kecil yang jernih, menyegarkan mata dan pikiran pengunjung.

Sampai akhirnya, pengunjung tiba di Goa Kelelawar Padayo di mana ribuan kelelawar terbang bebas, menciptakan pemandangan langka dan unik. Gemercik air dan suara kelelawar yang terbang di dalam goa menciptakan kesan mistis dan memukau yang tak terlupakan.

Salah satu pengelola wisata Goa Padayo, Mis, mengungkapkan bahwa proses pengembangan destinasi wisata ini sudah berlangsung selama enam tahun. Namun, baru-baru ini, goa ini secara resmi dijadikan tempat wisat sejak dua bulan terakhir. “Kalau ditemukannya mungkin sudah lama ya, tapi kami merintisnya itu mulai enam tahun lalu, sedangkan awal mula dijadikan tempat wisata itu baru kira-kira 2 bulan ini, pada saat itu, diresmikan oleh bapak wali kota langsung, setelah itu kami gratiskan pengunjung masuk selama 5 hari, dan barulah kami dirikan portal ini untuk mencari dana membenahi goa dan ini juga dibantu dan didukung oleh CSR Semen Padang.” Ujarnya, saat diwawancara Genta Andalas, Kamis (27/6/2024).

Sejak diresmikan, banyak pengunjung datang untuk menikmati keindahan Goa ini secara langsung. Salah seorang pengunjung, Nisa mengaku sangat menikmati kondisi alam sekitar yang masih asri.

“Sebenarnya kami kesini itu untuk mengisi waktu kosong, terus healing, penasaran juga kan karena sering lewat di beranda, dan sambil belajar juga kalau sebenarnya itu banyak loh tempat tersembunyi yang perlu kita ketahui dan pelajari lebih lanjut,” ujar Nisa.

Dengan keasrian alam yang luar, tantangan perjalanan menarik, dan keunikan goa yang menakjubkan, Goa Kelelawar Padayo menjadi destinasi yang tak boleh dilewatkan bagi para pencinta alam, dan petualangan. Dengan adanya fasilitas jembatan kayu dan pegangan tangan, pengunjung dapat menjelajahi Goa ini dengan lebih nyaman dan aman.

*Penulis merupakan mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here