Pemateri saat menyampaikan program global volunter di acara Youth Today AIESEC in UNAND, di ruang seminar Gedung I UNAND, Sabtu (29/6/2024). Dokumen: Pribadi

Padang Gentaandalas.com-Acara Youth Today Outgoing Exchange 2024 yang diselenggarakan oleh AIESEC in Universitas Andalas (UNAND), di Ruang Seminar Gedung I UNAND pada Sabtu (29/6/2024) dihadiri oleh salah seorang volunteer kegiatan internasional di Jaipur, India Dean Famudillah. Dalam kesempatan tersebut Dean menjelaskan pentingnya jaringan global dalam mengasah kemampuan personal.

“Saya bertemu banyak orang dengan latarbelakang berbeda-beda, melihat bagaimana cara kerja orang Eropa ketika menganalisis kasus, memberikan gambaran kedepannya untuk saya menyelesaikan sesuatu,” ujar Dean pada Sabtu (29/6/2024).
Dean juga mengajak agar mengetahui lebih jauh mengenai Outgoing Global Talent/Teacher atau biasa disingkat oGTa/e yang juga tak kalah penting untuk mendukung karier luar negeri seseorang.

Menurut Dean ada beberapa tips dan trik yang dapat dilakukan untuk melawan rasa tidak percaya diri saat ingin mengikuti program global volunteer. Pertama, menurutnya, kita perlu mengenali bagaimana program tersebut bekerja. Setelahnya, cari tau dimana letak ketidakpercayaan diri kita, lalu tingkatkan intensitas belajar, menyiapkan diri dengan baik dan yang paling penting, berani untuk melangkah.

Organizing Committee President, Fathur Rahman Hakim mengatakan bahwa kegiatan Youth Today Outgoing Exchange yang diselenggarakan pihaknya kali ini mengangkat tema “Spread Your Wings and Dive Into the Wonders of Exploring Abroad and Career World,” bertujuan agar pemuda membuka diri untuk pengalaman baru ke luar negeri serta meraih kesuksesan dalam karier global mereka.
“Selaras dengan objektivitasnya, untuk meningkatkan kepekaan mahasiswa di kota Padang bahwasanya program Exchange Luar Negeri adalah pilihan yang tepat untuk kesiapan karier mereka nantinya saat menghadapi tantangan di level internasional,” terang Fathur Rahman Hakim Nasution.
Selanjutnya pada sesi materi kedua, Siti Utami Veiment memberikan panduan yang jelas tentang bagaimana menyiapkan CV yang profesional sebagai langkah awal dalam preparasi karier. Ia menerangkan bagaimana teknis penyusunan CV yang efektif dengan meninjau beberapa CV partisipan, mengevaluasi hal-hal apa yang seharusnya dilakukan, juga menekankan nilai jual seperti apa yang umumnya harus dilampirkan dalam CV.

Partisipan acara, Rayosama mengaku merasakan dampak kegiatan Youth Today Outgoing Exchange 2024 yang memberikan praktik untuk kesiapan diri merintis karier di dunia ini internasional.

“Melalui AIESEC, saya jadi lebih berani melangkah untuk mencoba merealisasikan keinginan saya, mencoba peruntungan dalam karier internasional. AIESEC memfasilitasi kita bukan hanya dari sisi materi aja, tapi praktiknya juga karena menyediakan program Outgoing Global Talent maupun Teacher,” papar Rayosama.

Reporter : Asyani Rahayu Simatupang dan Latifah Maratus Sholihah
Editor: Tiara Juwita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here