Keindahan Dinding Cadas  Bukit Baka dan kolam Luak Gadang yang mempesona
Keindahan Dinding Cadas Bukit Baka dan kolam Luak Gadang yang mempesona Sabtu (15/6/2024) (Genta Andalas/Nurul Ilmi Ramadhani)

Oleh: Nurul Ilmi Ramadhani*

Di tengah keindahan alam Sumatera Barat, Kabupaten Agam menyimpan berbagai destinasi wisata yang menakjubkan. Salah satu tempat yang pantang dilewatkan adalah Bukit Baka Luak Gadang, sebuah destinasi wisata yang menawarkan panorama pegunungan yang asri dan pemandangan alam yang memukau. Diresmikan untuk umum sejak April 2018. Bukit Baka Luak Gadang terletak di Jorong Guguak Urang Pisang, Nagari Kamang Hilia, Kamang Magek, Agam, Sumatera Barat.

Hanya berjarak sekitar 17 km dari kota Bukittinggi, destinasi wisata ini dapat dicapai dalam waktu 45 menit dengan kendaraan roda dua. Akses menuju Bukit Baka terbilang mudah, dengan berbagai jalan pintas seperti melalui Baso, Biaro, Tanjung Alam, dan Simpang Magek. Jalan yang mulus dan beraspal disertai pemandangan pepohonan rindang serta udara yang segar, membuat perjalanan menuju Bukit Baka terasa menyenangkan.

Sesampainya di Bukit Baka, pengunjung akan disuguhkan pemandangan bukit berbatu yang menjulang tinggi dengan dinding batu besar yang dihiasi lukisan abstrak berbagai monumen. Di kaki bukit terdapat dua kolam, dikenal sebagai Luak Gadang oleh warga setempat, yang sering menjadi tujuan wisata bagi penduduk lokal dan pengunjung luar daerah. Kolam ini penuh dengan ikan dan menawarkan suasana tenang yang cocok untuk bersantai.

Bukit Baka tidak hanya menawarkan pemandangan indah, tetapi juga beragam kegiatan rekreasi seperti hiking, bersepeda, dan fotografi. Jalur pendakian menuju puncak bukit hanya memakan waktu sekitar 20 menit dari Luak Gadang. Dari puncak, pengunjung bisa menikmati pemandangan Kota Bukittinggi, Gunung Singgalang, Gunung Marapi, serta hamparan sawah yang memukau.

Untuk masuk ke kawasan wisata ini, pengunjung dikenakan biaya tiket yang sangat terjangkau, yakni lima ribu rupiah untuk dewasa dan dua ribu rupiah untuk anak-anak. Di sana, pengunjung juga dapat menikmati berbagai sarana bermain seperti sampan, rakit bambu, sepeda air, ayunan, dan bebek kayuh dengan harga sewa yang murah. Warung-warung kecil yang menyediakan minuman segar dan makanan ringan menambah kenyamanan pengunjung sekaligus membantu perekonomian lokal.

Tidak hanya menawarkan pemandangan dan kegiatan rekreasi, Bukit Baka Luak Gadang juga terus berbenah untuk kenyamanan pengunjung dengan pengembangan fasilitas seperti toilet dan area parkir. Pemuda dan pedagang lokal juga berperan aktif dalam menjaga kebersihan dan keasrian kawasan ini, menjadikannya destinasi wisata yang ramah lingkungan dan menyegarkan.

Rahmah seorang pengunjung asal Kabupaten Solok, mengungkapkan kesannya tentang wisata ini. “Ini pertama kali saya datang kesini, biasanya hanya dengar cerita dari masyarakat. Saya datang karena penasaran dengan keindahan wisata ini. Tempatnya nyaman dan asri, cocok untuk ajak anak-anak kesini,” tuturnya saat diwawancarai pada Sabtu (15/6/2024).

Jadi, jika Anda berada di Sumatera Barat, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Bukit Baka Luak Gadang. Nikmati keindahan alamnya, segarnya udara pegunungan, dan beragam kegiatan rekreasi yang ditawarkan. Bukit Baka Luak Gadang siap menyambut Anda dengan panorama yang indah dan pengalaman yang tak terlupakan.

*Penulis merupakan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas

Editor: Fadhilatul Husni

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here