Proses pembuatan kerupuk Picik, di Nagari Minangkabau, Kecamatan Sungayang, Kabupaten Tanah Datar. (Dok. Pribadi)

Tanah Datar Gentaandalas.com-Mahasiswa Universitas Andalas (Unand) lakukan sosialisasi dalam rangka peningkatan penjualan UMKM sulaman banang ameh dan kerupuk Picik di Nagari Minangkabau, Kecamatan Sungayang, Kabupaten Tanah Datar pada Rabu (7/2/2023). Ketua kegiatan, Okviendri Riski Ramadhan, mengatakan bahwa kegiatan tersebut diadakan karena melihat masih kurangnya pemanfaatan teknologi, yang bisa menjadi salah satu strategi penjualan.

“Kurangnya pemanfaatan teknologi dalam bidang promosi baik usaha sulaman ataupun kerupuk picik, perlu adanya inovasi serta sosialisasi tentang pentingnya penggunaan dan pemanfaatan e-commerce agar penjualan sulaman banang ameh dan kerupuk picik dapat meningkat,” ujar Okvi.

Selain itu Okvi juga menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi yang diadakan merupakan salah satu bentuk pelaksanaan program kerja dalam kegiatan KKN Tematik UNAND 2024 di Nagari Minangkabau, Kecamatan Sungayang, Kabupaten Tanah Datar.

Pelaku UMKM sulaman banang ameh, Pita menyampaikan usaha yang sudah dilakukan secara turun-temurun tersebut memiliki nilai jual yang cukup menjanjikan. Namun, dari segi penjualan ia masih merasa terkendala.

“Ada beberapa permasalahan dalam pengelolaan usaha banang ameh ini dari segi penjualan dan pengelolaan,” ujar Pita

Selain itu ia juga berharap dengan adanya kegiatan yang dilakukan mahasiswa antara lain terkait sosialisasi pemanfaatan teknologi dalam UMKM dapat memberikan manfaat dan kemajuan bagi usahanya, dan warga sekitar.

Reporter : Tiara Juwita

Editor: Fadhilatul Husni

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here